Minggu, 25 April 2010

INTEGRASI TIK DALAM KURIKULUM

BAB I
PENDAHULUAN


Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang terus, bahkan dewasa ini berlangsung dengan pesat. Pengaruhnya meluas ke berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Pendidikan tidak antipati atau alergi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun sebaliknya menjadi subyek atau pelopor dalam pengembangannnya.
Sistem pendidikan di Indonesia selalu mengalami perubahan yang tujuannya untuk mewujudkan sistem pendidikan menjadi lebih berkualitas, dengan kurikulum yang lebih baik untuk menghasilkan lulusan yang lebih baik pula. Adapun tujuan sistem pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mamdiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung-jawab.
Kajian kurikulum juga tidak terlepas dari aspek pembelajaran karena kurikulum dan pembelajaran memiliki keterkaitan yang sangat erat. Kurikulum adalah alat untuk mencapai pendidikan, sedangkan pembelajaran adalah operasionalisasi dari kurikulum untuk pencapaian tujuan pembelajaran.
Proses pembelajaran telah berlangsung sejak jaman dahulu. Seiring dengan perjalanan waktu, berbagai perubahan terjadi dalam proses belajar mengajar. Demikian juga dengan desain pembelajaran. Peran dominan  sekolah-sekolah tradisional dengan model tatap muka langsung di dalam suatu ruangan juga mulai bergeser bersamaan dengan perkembangan teknologi. Dewasa ini, seiring dengan perkembangan dan perubahan bidang ekonomi  terutama sektor perdagangan yang semakin luas, memberi warna baru bagi para pekerjanya bahwa mereka harus siap dengan perubahan yang demikian pesat dan cepat.  Sektor perdagangan pada masa sekarang ini telah menggunakan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) yang semakin canggih.  Oleh karena itu, penyelenggara pendidikan harus benar-benar mempersiapkan peserta didiknya untuk dapat menguasai TIK dengan baik.
TIK menjadi salah satu pilihan yang harus dikuasai oleh peserta didik pada masa sekarang ini. Perkembangan TIK mengalami perubahan pesat akibat perubahan ekonomi, soaial dan budaya dalam masyarakat. Perubahan diawali dari masyarat tradisional ke masyarakat industri dan dari masyarakat industri ke masyarakat informasi yang menyebabkan aktivitas manusia dalam pola komunikasi dewasa ini menembus ruang dan waktu.  Perubahan inilah yang harus ditanggapi secara serius oleh para pelaku bidang pendidikan agar mampu menyesuaikan diri dengan perubahan TIK yang berkembang pesat.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar