Jumat, 23 April 2010

Kepribadian seseorang melalui tulisan (Komentar FB)

Setelah hampir setahun mengamati FB, banyak pengalaman yang didapat. Penelitian kecil-kecilan yang kulakukan ternyata lumayan berhasil membaca karakter seseorang melalui tulisan alias komentar di FB. Mulai dari memasang status atau note yang baik sampai memasang status yang kontroversi. Banyak hal yang bisa dipelajari, senang rasanya banyak yang berpartisipasi dan membuat penelitian ini serasa lebih hidup karena tidak ada seorang pun yang tahu, mereka adalah sebagai obyek penetian. Ya, penelitian yang valid itu, dengan meneliti tanpa si obyek tahu atau merasa mereka sedang menjadi obyek perhatian, sehingga berjalan alami apa adanya dan tidak banyak terjadi "Acting".

Sedikit membagi hasil yang didapat dari penelitian ini :

1. Status atau note dengan kata-kata yang baik/bijak, karakteristik para komentator :
- ada yang sekedar ingin eksis, memberikan jempol, atau komentar tak berarti,
- ada yang memang setuju dengan memberikan komentar seadanya dan jempol.
- ada yang berpikir kritis dan mencoba lebih menghidupkan dengan memberikan kata-kata yang bijak jg
- dll.

2. Status atau note kontroversi, karakteristik para komentator :
- jika ada yang merasa bahwa mereka setuju, mereka akan mendukung dan memberikan komentar yang positif.
- jika ada yang merasa tersindir, mereka berusaha sekuat tenaga membela pendapatnya, dan menyalahkan sang penulis.
- ada yang dengan gampangnya mengeluarkan kata-kata sadis dan sering berkata kasar (ini ciri-ciri orang yang sulit mengontrol emosi)
- ada yang blak-blakan memberikan komentar
- ada juga yang bersifat sportif, mengakui kesalahan, dan memberikan alasan mengapa mereka begitu.
- atau ada yang berpikir kritis dan mencoba menganalisa dengan bijak. (ini ciri-ciri orang yang cerdas)

tetapi rata-rata mereka yang memberikan komentar di bagian yang kontroversi, mereka yang bersifat sedikit keras atau malah keras, dan kebanyakan justru melimpahkan kekesalan mereka dengan berpikir negatif lg tentang orang lain. (makanya di Indonesia banyak terjadi kisruh, karena mereka tidak mau berpikir positif dan memandang sesuatu yang berbeda dgn pandangan mereka adalah "lawan" yang harus dijatuhkan)

3. Status atau note "menggambarkan diri / keadaan seseorang", karakteristik para komentator :
- sama seperti point no.1, lebih byk yang sekedar iseng menanggapi.
- ada juga yang merasa iri, dan memandang negatif tentang orang tersebut, serta menuliskan komentar yang sedikit kasar. Biasanya yang merasa iri, mereka menggosipkan apa yang dituliskan sang penulis dan menjelek2an penulis di belakang.
- ada juga yang memberikan nasihat (tentunya ada nasihat positif atau nasehat menyindir)
- dll.

Tidak banyak yang dapat aku sampaikan dengan hasil penelitian ini, karena kalau semua dijabarkan tentunya akan menjadi sebuah buku :D. Terima kasih buat semua yang sudah terlibat, termasuk pacar, sepupu, mahasiswaku, teman-teman semua. Semua ini akan menjadikan sebuah referensi untuk penulisan tesisku kelak tentang "menulis". Setidaknya dari sini dapat memberikan gambaran berbagaimacam karakteristik penulis (komentator melalui tulisan). Mohon maaf jika ada yang merasa terdzolimi, bintang tidak mempunyai maksud apa-apa kok, dan bintang juga tidak akan jadi benci bagi yang memberikan komentar tidak mengenakan. Semua ini sudah menjadi resiko penelitian.

Sekali lagi....Makasi ya ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar